Monday, March 07, 2005

I'm Watching God....

Kalimat di atas adalah jawaban Janie, saat sesuara menanyakan apa yang sedang dilakukannya. Kala jawaban ini keluar, Janie selalu sedang berada dalam bening air sungai, sendirian berenang telentang menghadap langit, tanpa berkedip. Dan sebelum ia terjun ke air, berbagai peristiwa selalu mendului tindakannya ini. Kala sedih dan marah karena dipaksa menikah saat ia berusia 17, dengan lelaki tua berusia 50 yang kaya. Kala ia merasakan kebebasan saat suami keduanya yang diktator meninggal dunia. Dan saat ia merasa bahagia ketika menemukan eksistensi dirinya dan menjalani hidup menuruti kata hatinya. Saat ini ia sudah berusia 40 lebih dan baru ditinggal mati suami ketiga yang sangat dicintainya.

Janie, seorang perempuan berjiwa bebas yang hidup di tahun 30-an di Selatan Amerika, diperani oleh Halle Berry dalam film tivi "Their Eyes were Watching God", diproduseri oleh Oprah Winfrey. Keduanya perempuan african-american yang dijadikan ikon di kalangan selebriti amerika. Ceritanya sendiri diambil dari buku berjudul sama, karangan Zora N. Hurston. Dan yang jauh menarik minat saya ternyata adalah pengarangnya, yang saat meninggal dunia berada dalam kondisi miskin dengan nisan tak bernama. Selengkapnya tentang pengarang yang menurut saya sangat luar biasa di jamannya, bisa dilihat di sini: About Zora Neale Hurston

Seperti jernih dan segar yang menyejukkan dalam air, jawaban "I'm Watching God...." meluruhkan semua emosi yang lekat dari tubuh Janie sebelum terjun ke air. Dan kala ia telentang mengambang menghadap langit, ia berada dalam kebebasan, bahkan keluar dari dirinya sendiri, walau sejenak.

6 drops:

Anonymous said...

jadi ingin nonton :D

Harno Leonardus said...

So are you watching god too?

biru elang-bara said...

dahsyat, pengertian yang luar biasa. hmm.. jernih sungguh tulisan ini.

neenoy said...

serial baru ya? bagus, dy?

kok jadi pengen berenang yak... :p

Merlyna said...

dy... kangen tulisanmu... ayo dong posting lagi...:)

dy said...

kayaknya kamu cocok deh nonton ini, atta...

retharsis, jawaban saya jadi postingan pendek di atas ;)

hai biru, makasih kalo dibilang jernih, buat sebagian orang mungkin dibilang keruh...

Noy, ini bukan seri, film lepas... berenang?... yaaa masih dingin...

Durin, ayo dibaca lagi, hehehe...

Mer, udah posting lagi nih... :)