Tuesday, October 18, 2005

Sisters


Aku punya dua orang kakak dan seorang adik tercinta. Semuanya perempuan. Tapi kali ini aku ingin menceritakan mbakyu-mbakyuku saja. Keduanya menjalani hidup yang sama sekali berbeda. Sampai aku berpikir, sebenarnya hidup itu apa ya....

Mbakyu-ku yang pertama punya otak cemerlang, ber-IQ tinggi, suka matematika. Maka ia memilih jalur akuntansi, di perguruan tinggi negeri paling top. Ia tahu apa yang diinginkannya, dan menginginkan segala sesuatu berjalan sesuai rencananya. Saat ini ia sudah bekerja di perusahaan asing dengan karir cemerlang di daerah pinggiran Jakarta, yang memakan waktu perjalanan satu jam lebih sekali perjalanan. Oh ya, ia sudah menikah, dan mencintai ibukota.

Mbakyu-ku yang kedua mencintai seni. Maka ia pilih jalur seni di perguruan tinggi negeri yang bukan nomor satu di Bali, tapi hidupnya hampir selalu dikelilingi seniman. Ia tahu apa yang diinginkannya, dan kesimpulannya ia lebih senang hidup tanpa diperintah atasan. Maka ia menjalani bisnis sendiri. Saat ini ia hidup bersama keluarganya di kaki gunung di daerah Yogyakarta, mencintai alam natural dengan tempo cenderung lambat.

Lalu aku jadi membandingkan dengan cerita orang kota yang melihat nelayan yang menurutnya hanya bermalas-malasan memancing ikan di pinggir laut. "Kenapa kamu hanya duduk-duduk memancing ikan? Bukankah masih banyak hal-hal lain yang perlu dikerjakan?" Lalu si nelayan menjawab,"Bapak sendiri, susah-susah bekerja sebenernya kalo pensiun juga ingin bermalas-malasan kan Pak? Itulah yang sedang saya lakukan sekarang...."

Memang sih, cerita tentang mbakyu-mbakyuku di atas lebih menampakkan permukaan saja, walaupun sebenarnya sangat menggambarkan beda kepribadian mereka. Tetapi aku jadi bertanya-tanya, sebenarnya hidup mencari dan meraih ini-itu sebenarnya kan bertujuan sama: mencapai ketenangan hidup.... Ah, ternyata kadang-kadang aku masih bingung....

(Btw, I love you all sis....)

8 drops:

Nova said...

wah 4 bersaudara perempuan semua, mbak? kebayang dulu waktu tumbuh barengnya gimana :)

setiap orang pasti punya 'hidup'nya sendiri2, gimana ngejalaninnya, tujuannya sama, tapi cara meraih tujuan itu yg beda2 :)

terima kasih banyak doanya ya mbak dy :)

neenoy said...

hehehe, masih ingat selintas-selintas cerita tentang mereka, juga si bontot.

mbakyumu yang kedua masih bikin pernak-pernik, dy?

cupcake said...

Blognya sangat informatif.
Salam,
Santy - IdeBaru.com

dy said...

Nova, bener banget sih... banyak jln menuju ke Roma ya?

Noy, mbakyu kedua udah nggak bikin pernak/ik, tapi tetep bisnis yang lain... :)

Anonymous said...

What a great site
» »

Anonymous said...

This is very interesting site... » »

Anonymous said...

This is very interesting site... » »

Anonymous said...

Cool blog, interesting information... Keep it UP black female virgin anal Coach scribble handbags Northface jackets nuptse Game boy scrabble uk Replica dooney and bourke handbags Wedding invitations wording in spanish padded chair for hallway Alfa romeo car cover broker forex trading currency trading education lithium ion batteries laptops Mazda miata engine swap Took part in party hardcore Cheapest spa vacations online basketball betting Cannot see all computers on network windows 98 Tampa replica handbags clark county school district employment odyssey