Thursday, November 11, 2004

Fiksi: Da Vinci Code


Belum, buku ini belum basi. Di sini paperback-nya belum edar, karena hardcovernya masih laku keras. Ditambah edisi bergambar yang baru edar minggu lalu, seharga $35. Buku ini termasuk jenis yang sulit dihentikan saat sudah mulai dibaca. Seru! Di luar itu, walau disebut-sebut berdasarkan fakta dan riset, buku ini tetaplah fiksi. Dan fiksinya Amerika (catat!). [Dan Brown bikin kesalahan cukup fatal di sini: kurator di Louvre paling tua usianya 65 tahun harus pensiun, sedangkan Sauniere berumur 75 tahun.] Kalau dari fakta dan riset yang ada digabung menjadi cerita dan kesimpulan yang menarik, disinilah kedasyatan Dan Brown sebagai penulis. Karena ia benar, people loves conspiracy.

Titel ini nggak lama lagi bakal nongol di layar lebar, diusung Columbia Pictures. Aku pribadi senang banget baca dan nonton historical fiction. Tapi kalau sudah hasil produksi Amerika (baca: Hollywood); skeptik. Buat perbandingan, coba deh baca bukunya Umberto Eco (penulis asal Itali): The Name of The Rose (filmnya dibintangi Sean Connery). Thriller bersetting biara di Italy abad 14. Pembunuhan gara-gara manuskrip karya Aristoteles yang dilarang edar jaman gereja Katolik berkuasa saat itu. Ada satu lagi buku karya Melvyn Bragg (penulis asal Inggris): Credo, berlatarbelakang abad gelap di Inggris saat Kristen bentrok dengan kepercayaan pagan. Bedanya, Da Vinci Code bersetting jaman sekarang dan bisa dinikmati semua orang dari berbagai kepercayaan, sedang dua judul lain yang kusebut bagus mungkin hanya bisa dinikmati orang yang paling nggak ingin tahu tentang sejarah (kristen).

Eniwei, buat penggemar Dan Brown, tahun depan bakal beredar buku barunya The Solomon Key, bersetting di Washington tentang Freemason, kelompok rahasia yang di dalamnya termasuk beberapa pendiri Amerika, didukung simbolisme dari arsitektur bangunan di Washington (sumber: baltimoresun). Jagoannya: masih Robert Langdon, dan aku yakin bakal didampingi seorang wanita cantik lainnya. Amerika banget nggak sih....?!

0 drops: